Profile

Join date: Nov 25, 2022

About

Temukan Perbedaan Antara Kabel Patch dan Kabel Crossover Ethernet


Jika Anda mencoba mengatur jaringan lokal atau LAN di rumah, Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda memerlukan kabel ethernet dan bahkan mungkin hub atau switch. Jika semuanya semudah itu, itu akan bagus, tetapi masalah hanya menjadi lebih sulit ketika Anda menemukan bahwa ada berbagai jenis kabel ethernet. Apakah Anda mendapatkan kabel patch atau kabel crossover? Apa perbedaan antara keduanya? Masalahnya adalah kedua kabel ini terlihat identik, dan kecuali Anda secara khusus meminta bantuan, ada kemungkinan besar penjual akan menganggap Anda tahu mana yang Anda butuhkan dan tidak mengatakan apa-apa. Tidak sampai nanti ketika Anda tiba di rumah, Anda mengetahui bahwa Anda telah membeli kabel yang salah karena tidak dapat dipertukarkan. Berikut adalah panduan cepat untuk membantu memperjelas perbedaan antara kabel patch dan kabel crossover.


Biasanya jual kabel nyy yang Anda perlukan disebut kabel tambalan. Kabel tambalan adalah bentuk kabel ethernet yang paling banyak digunakan dan generik yang tersedia saat ini. Sederhananya mereka disebut sebagai kabel lurus. Artinya, kabel 1 di salah satu ujung kabel keluar sebagai kabel 2 di ujung lainnya. Kabel berjalan lurus dan tidak bertukar atau berubah di sepanjang jalan. Kabel jenis ini digunakan untuk menghubungkan komputer ke hub, switch atau router. Jika Anda mengatur LAN biasa atau hanya menghubungkan komputer Anda ke router, maka ini adalah jenis kabel yang Anda perlukan. Itu hanya mentransfer data di sepanjang kabel yang ditentukan dan tidak melakukan apa pun selain ini. Kabel crossover, seperti yang mungkin sudah Anda duga dari namanya, sebenarnya melakukan sesuatu pada kabel di sepanjang jalan.


Kabel crossover sebenarnya saling silang. Artinya kabel 1 di satu ujung tidak keluar seperti kabel 1 di ujung lainnya. Kabel disilangkan dan inilah mengapa jika Anda mencoba menggunakan kabel semacam ini di pengaturan sebelumnya, tidak ada yang berhasil. Data sepanjang jalan mengubah kabel dan itu berarti router atau hub yang Anda coba sambungkan ke komputer Anda tidak memiliki cara untuk memahami informasi yang diterimanya. Jadi kapan Anda membutuhkan kabel crossover? Kabel ini digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara langsung atau menghubungkan dua hub atau switch secara langsung. Ini dilakukan agar kabel ditukar agar sesuai dengan pin yang benar di ujung penerima. Jika Anda pernah melihat hub atau switch, Anda mungkin memperhatikan port yang disebut port uplink. Port uplink ini berfungsi persis seperti kabel crossover. Anda dapat menggunakan port uplink ini untuk menghubungkan dua switch bersama-sama dengan kabel patch karena port uplink benar-benar melintasi kabel secara internal dan memungkinkan untuk menerima data langsung dari switch lain.


Sementara kabel patch dan crossover mungkin terlihat sama, mereka digunakan untuk dua situasi yang sangat berbeda. Menghubungkan jaringan atau komputer secara langsung akan membutuhkan kabel crossover. Namun, jika Anda menghubungkan komputer ke sakelar, hub, atau perute, maka kabel tambalan adalah yang Anda perlukan.

B
Benny Andy

Benny Andy

More actions